berita

Tahun Ini Jabar Bentuk Badan Ekonomi Kreatif Daerah

BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meyakini, ekonomi kreatif akan menjadi ekonomi mayoritas di Indonesia. Untuk itu pihaknya telah membuat Peraturan Daerah (Perda) Jabar tentang ekonomi kreatif yang melalui regulasi tersebut akan dibentuk Badan Ekonomi Kreatif Daerah.

"Kami meyakini di masa depan ekonomi kreatif akan menjadi ekonomi mayoritas di indonesia oleh karena itu sebagai pemimpin kita menyiapkan caranya, pertama Perda ekonomi kreatif satu-satunya di Indonesia hanya ada di Jabar dan tahun ini kami akan membentuk Badan Ekonomi Kreatif Daerah," tutur Ridwan Kamil saat menjadi pembicara pada seminar "The Future is Here" di Nuart Sculpture Bandung, Kamis (04/04/2019).

Menurutnya, salah satu sumber daya yang tidak akan habis adalah intelektualitas dalam bentuk kreativitas. Oleh karena itu bila berinvestasi membuat ekosistem manusia Jawa Barat lebih kreatif maka akan menghasilkan nilai ekonomi.

"Karena ekonomi kreatif kan datang dari gagasan, gagasan ini harus dilatih dan latihan datang dari sebuah ekosistem yang nyaman," ujar Emil, sapaan akrab Gubernur.

Untuk membentuk ekosistem tersebut, tahun ini pihaknya mulai membangun pusat-pusat budaya di 27 Kabupaten Kota. Kemudian, sebagai bentuk dukungan menghadapi industri 4.0, gedung kreatif center tahun ini pula mulai dibangun di Bogor, Cirebon, Subang dan Tasik.

"Nah ekositem inilah diharapkan menghasilkan generasi milenial dan generasi Z yang ujungnya dari hobi, imajinasi menjadi ekonomi, seperti sepatu, robot, karya digital dan sebagainya," ujarnya.

"Saya kira itulah masa depan dan tugas saya sebagai pemimpin menyiapkan ekosistem," tambah Emil.

Biro Hukum dan HAM Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat

birohukum@jabarprov.go.id

Telp: (022) 4231385

Fax: (022) 4231385

Kami tersedia di

MEDIA SOSIAL