berita

PERESMIAN DESA/KELURAHAN SADAR HUKUM DAN PEMBERIAN PENGHARGAAN KEPADA DESA/ KELURAHAN SADAR HUKUM SE

Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat pada tahun ini kembali secara berkelanjutan bekerjasama melaksanakan pembinaan desa/kelurahan sadar hukum di Provinsi Jawa Barat. Jumlah Desa/Kelurahan yang diresmikan pada tahun 2016 ini mencapai 766 Desa/Kelurahan Sadar Hukum. Penentuan Desa/Kelurahan Sadar Hukum didahului dengan pembinaan kepada 1244 Desa/Kelurahan dari 18 Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Barat dengan melibatkan berbagai instansi terkait yaitu Biro Hukum dan HAM Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat, Biro Pemerintahan Umum Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Barat, Kejaksaan Tinggi Jawa Barat, Kepolisian Daerah Jawa Barat, Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa Provinsi Jawa Barat dan Bagian Hukum Kabupaten/Kota.

Pembinaan dilakukan kepada aparatur desa/kelurahan dan kecamatan tentang materi sebagai berikut: kiat-kiat meningkatkan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), mencegah perkawinan dibawah umur, mengurangi tingkat kriminalitas dan narkoba, menghindari tindak pidana korupsi dalam pengelolaan keuangan desa serta perlindungan anak dan Hak Asasi Manusia (HAM). Setelah dilakukan pembinaan dilakukan evaluasi oleh Tim Penilai dengan mengunjungi seluruh Kabupaten/Kota di Jawa Barat yang telah dibina lalu dilakukan penelitian/penilaian terhadap seluruh dokumen dan akhirnya ditetapkan Desa/Kelurahan Sadar Hukum yang memenuhi kriteria sebanyak 766 Desa/kelurahan. Penelitian/penilaian sendiri dilaksanakan dengan mengacu pada peraturan Kepala BPHN nomor PHN.HN.03.05-73 Tahun 2008 tentang Pembentukan dan Pembinaan Keluarga Sadar Hukum dan Kelurahan/Desa Sadar Hukum. Kriteria penilaian Desa/ Kelurahan Sadar Hukum antara lain pelunasan kewajiban membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) mencapai 90%, tidak terdapat perkawinan dibawah umur, angka kriminalitas rendah, rendahnya kasus narkotika, tingginya kesadaran masyarakat terhadap kebersihan dan kelestarian lingkungan dan kriteria tambahan dari Provinsi Jawa Barat yaitu rendahnya angka putus sekolah. Dikutip dari portal http://adil.bphn.go.id yang diakses pada tanggal 10 Agustus 2016, Jumlah Desa/Kelurahan Sadar Hukum di seluruh Indonesia yang tercatat pada Peta Akses Keadilan Badan Pembinaan Hukum Nasional terdapat 2929 Desa/Kelurahan Sadar Hukum ditambah dengan data terbaru dari Provinsi Jawa Barat sebanyak 766 Desa/Kelurahan total menjadi 3695 Desa/Kelurahan sadar hukum yang tersebar di seluruh Provinsi di Indonesia.

Provinsi Jawa Barat sendiri saat ini sudah menetapkan sebanyak 2247 desa/kelurahan sadar hukum dari total 5962 desa/kelurahan yang ada di Provinsi Jawa Barat, sehingga Provinsi Jawa Barat tercatat menguasai 60.81% Desa/Kelurahan Sadar Hukum yang ada di Indonesia dan sisanya 39.19 % tersebar di berbagai provinsi di Indonesia. Selain sebagai provinsi yang tercatat dalam sejarah Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia sebagai provinsi terbanyak dalam meresmikan Desa/Kelurahan Sadar Hukum di Indonesia, juga tercatat sebagai provinsi terbesar dalam dukungan program serta anggaran khususnya dalam pemberian penghargaan, berupa pemberian uang pembinaan oleh Gubernur Jawa Barat sebesar Rp.10.000.000,- (sepuluh juta rupiah) per Desa/Kelurahan yang dikeluarkan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Provinsi Jawa Barat. Hal Ini merupakan prestasi sekaligus kebanggaan masyarakat Jawa Barat.

Penghargaan diberikan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI kepada Gubernur Jawa Barat dan Bupati/Walikota berupa Anubhawa Sasana Desa/Kelurahan Sadar Hukum. Khusus untuk Gubernur Jawa Barat sendiri penghargaan ini melengkapi sederetan prestasi yang diraih selama memimpin Provinsi Jawa Barat. Dalam rangka mewujudkan penghormatan, pemajuan, pemenuhan, perlindungan dan penegakan HAM di Jawa Barat khususnya di Provinsi Jawa Barat. Biro Hukum dan HAM Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan kegiatan Lomba Cerdas Cermat HAM sebagai salah satu cara untuk menambah pengetahuan dan pemahaman bagi Siswa/i Sekolah Menengah Atas Se Jawa Barat mengenai Hak Asasi Manusia, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Hari Ulang Tahun Jawa Barat yang ke 71.

Penyelenggaraan Lomba Cerdas Cermat HAM dilakukan dengan tujuan sebagai berikut: Memasyarakatkan dan membudayakan pentingnya penyelenggaraan kehidupan berkonstitusi melalui pemahaman aturan dasar bernegara, khususnya di kalangan generasi muda, membangun dan membina persahabatan antargenerasi muda yang dapat memperkukuh persatuan bangsa, merubah stigma negatif yang ada di masyarakat terhadap Hak Asasi Manusia, bahwa Hak Asasi Manusia bukanlah sesuatu hal yang perlu ditakuti, dan memberikan pemahaman baru terhadap Hak Asasi Masyarakat kepada Kelompok Masyarakat.

Lomba Cerdas Cermat HAM ini dibagi menjadi 5 (lima) Regional yang diikuti perwakilan siswa/siswi Sekolah Menengah Atas yang berasal dari 27 Kabupaten/Kota di Jawa Barat, dimana masing – masing pemenang Regional akan diikutsertakan dalam Babak Grand Final. Penyelenggaraan Grand Final Lomba Cerdas Cermat HAM sendiri dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 9 Agustus 2016, bertempat di Gedung Balai Asri, Pusat Dakwah Islamiah Jawa Barat Jalan Diponegoro Nomor 63, Bandung, dan diperoleh pemenang yaitu sebagai berikut : Juara I diraih Kota Sukabumi (nilai 4075) dengan peserta: 1. Mohammad Hasnan Alipudin 2. Novita Kusherdianti 3. Surya Mukti Pratama Juara II diraih Kabupaten Tasikmalaya (nilai 3341) dengan peserta: 1. Akmal Hanapi 2. Ayu Putri Ajisti 3. Faisal Fahmi Juara III diraih Kabupaten Bandung Barat (nilai 2964) dengan peserta: 1. Fahmi Idris Firdaus 2. Indah Wulandari 3. Aldi Aldinar Juara Harapan I Kota Cirebon (nilai 2550) dengan peserta: 1. Humaira Fathiyannisa 2. Kholidatul Fauziah Nursaid 3. Wandita Palupi Kusumadani Juara Harapan II Kabupaten Purwakarta (nilai 1775) dengan peserta: 1. Ayodhya Agti Firdausa 2. Agnes Giovanni Marsius 3. Ahresty Miuradewi Pemberian Piagam Penghargaan dan Hadiah Pemenang Lomba Cerdas Cermat HAM diserahkan oleh Gubernur Jawa Barat dan Pemberian Piagam Penghargaan dan Trophi Pemenang Lomba Cerdas Cermat HAM oleh Direktur Jenderal Hak Asasi Manusia Kementrian Hukum dan HAM RI.

Biro Hukum dan HAM Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat

birohukum@jabarprov.go.id

Telp: (022) 4231385

Fax: (022) 4231385

MEDIA SOSIAL