Beny Ruhiman, S.Kom 2023-03-10 Jabarprov 2758

Tingkatkan Kemampuan Layanan Anggota JDIH Jawa Barat melalui Workshop

Bandung (10/03) Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan Workshop dengan tajuk Perbaikan dan Pengisian Metadata serta Pembuatan Abstrak. Workshop dilaksanakan di dua wilayah yaitu Wilayah I diselenggarakan di Kabupaten Karawang tanggal 6-7 Maret 2023 sebanyak 14 daerah dan Wilayah II diselenggarakan di Kabupaten Garut tanggal 8-9 Maret 2023. Peserta masing-masing daerah terdiri dari Bagian Hukum, Sekretariat DPRD serta Dinas Komunikasi dan Informatika.

Acara dibuka langsung oleh Kepala Biro Hukum dan HAM Drs. Teppy W. Dharmawan, SH. Narasumber berasal dari Pusat JDIHN Badan Pembinaan Hukum Nasional yaitu Diden Priya Utama, S.Kom dan Robby Ferdian, SIP. Pengampu JDIH Nurul Diana Irawati, SH., MH menyampaikan laporan kegiatan dimaksud adalah meningkatkan layanan teknis JDIH serta SDM Pengelola JDIH dalam metadata maupun abstrak sehingga kualitas informasi yang dihasilkan lebih akurat, cepat dan berdaya guna.

Sementara itu Teppy dalam sambutannya menyampaikan bahwa JDIH merupakan amanat dari Undang-Undang dan peraturan turunannya termasuk Peraturan Presiden Nomor 33 Tahun 2012, JDIH harus bergerak cepat dan dinamis dalam menghadapi perubahan teknologi. Diden menyampaikan evaluasi menyeluruh semua anggota JDIH di Jawa Barat berdasarkan standar dalam Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 8 Tahun 2019 tentang Standar Pengelolaan Dokumen dan Informasi Hukum. Para peserta sangat antusias dan mengapresiasi kegiatan bahkan acara sejak dimulai pukul 3 sore hampir mendekat pukul 11 malam dari mulai standar dokumen, standar website dan hal teknis lainnya peserta tidak beranjak dari tempat duduk masing-masing.

Pada hari kedua Roby memaparkan langsung tata cara pembuatan abstrak berdasarkan standar yang sudah diatur pada Peraturan Menteri Hukum dan HAM Tahun 2019, para peserta dibimbing dan diberikan tips dalam membuat abstrak yang standar sehingga bisa menjadi informasi yang mudah dipahami oleh pembaca. Workshop JDIH di Tahun 2023 sekaligus juga menjadi ajang pertemuan JDIH Provinsi Jawa Barat sebagai Pusat JDIH di tingkat provinsi dengan anggota JDIH di daerah, soliditas dan sinergitas menjadi kunci utama dalam membangun layanan yang baik dan transparan selain itu sebagai hasil dari kinerja beberapa anggota berhasil mendapatkan penghargaan baik di level provinsi maupun nasional.

 

BERITA LAINNYA

Produk Hukum Terbaru

Agenda Kegiatan