Beny Ruhiman, S.Kom 2023-02-28 Jabarprov 2742

Pembinaan Desa/Kelurahan Sadar Hukum Tahun 2023

Bandung (28/2/2023) Mengembangkan budaya taat hukum dalam pemenuhan hak hukum individu selaras perkembangan kebutuhan akan pemahaman terhadap aturan hukum dalam menjalani kehidupan bermasyarakat, maka Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat bekerja sama dengan Kepolisian Daerah Jawa Barat, Kejaksaan Tinggi Jawa Barat dan Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat memandang perlu adanya pembinaan kesadaran hukum pada setiap Desa/kelurahan di Provinsi Jawa Barat khususnya di Kabupaten Majalengka, selanjutnya diharapkan dapat timbul peran aktif pelaksanaan fungsi dari para kader Kelompok Keluarga Sadar Hukum (KADARKUM) akan tumbuh dan berkembang budaya taat hukum pada keluarga dan lingkungan sekitarnya sebagaimana yang dicita-citakan.

Peserta merupakan Kepala Desa/Lurah serta aparat berasal dari beberapa daerah yaitu Kabupaten Subang, Kabupaten Karawang, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Bogor, Kabupaten Indramayu dan Kabupaten Cianjur. Kegiatan juga merupakan lanjutan dari kegiatan pembinaan pada tahun 2022. Kepala Biro Hukum dan HAM Drs. Teppy W. Dharmawan, SH menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan wujud nyata perhatian Pemerintah Provinsi Jawa Barat terhadap dinamika hukum pada kehidupan sosial masyarakat diharapkan ada insight dari materi-materi yang disampaikan oleh para narasumber.

Sementara itu para kepala desa/kelurahan sangat antusias karena diberikan materi yang dianggap selama ini tidak mereka dapatkan. Pertemuan tersebut memberi pemahaman dasar kepala desa/lurah terhadap kewajiban dan kewenangan yang telah diberikan dalam berbagai undang-undang yang ada. Selain itu juga informasi-informasi hukum lainnya seperti restorative justice, dan tata cara penyuluhan hukum dan lain sebagainya

 

 

BERITA LAINNYA

Produk Hukum Terbaru

Agenda Kegiatan